PKS Silaturahim dengan Tokoh Buruh Bahas Permasalahan dan Solusi Perburuhan di Indonesia

Presiden PKS Hadiri Tasyakuran Milad di Jambi
May 15, 2017
Tausiah Kebangsaan Presiden PKS: Rumah Indonesia, Siapa yang Menjaga?
August 15, 2017

PKS Silaturahim dengan Tokoh Buruh Bahas Permasalahan dan Solusi Perburuhan di Indonesia

sohibuliman.com - Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman, didampingi oleh ketua bidang Pekerja Petani dan Nelayan (BPPN) DPP PKS Adang Sudrajat, bersilaturahim dengan tokoh-tokoh buruh tingkat provinsi Jawa Barat dan DKI Jakarta dan tokoh buruh tingkat nasional dalam rangka tasyakuran kemenangan Pilkada DKI Jakarta, diskusi dan serap aspirasi untuk membahas permasalahan perburuhan di Indonesia saat ini.

Hadir dalam silaturahim tersebut 50 orang tokoh-tokoh buruh dari tingkat Konfederasi maupun Federasi Serikat Pekerja/Buruh terbesar. Agenda dimulai tepat pukul 19:30 wib yang didahului dengan sholat isya berjamaah dilanjutkan dengan agenda makan malam dan diteruskan dengan diskusi serta ramah tamah oleh Presiden PKS Ustad Mohamad Sohibul Iman P.hd

Acara dibuka langsung oleh Ketua Bidang BPPN DPP PKS Ustad dr.Adang Sudrajat M.M yang anggota Komisi IX DPR-RI yang juga menangani permasalahan ketenagakerjaan. Hadir dan memberikan sambutan pada acara tersebut presiden KSPI Said Iqbal yang baru saja tiba dari Belanda dalam kunjungan kerjanya yang juga sebagai Governing Body ILO PBB, Bapak Didi Suprijadi dari PB PGRI, Bapak Ir. Arif Minardi dari Federasi SP LEM SPSI beserta Bapak Ir.Idrus, juga hadir Ibu Mirah Sumirat dari Federasi Aspek Indonesia yang juga sebagai Ketua Komite Pekerja Perempuan Internasional dan peraih penghargaan Tokoh Gerakan Buruh Wanita inspiratif dari Finlandia yang juga Anggota LKS Tripartit Nasional, serta hadir tokoh-tokoh federasi SP/SB nasional lainnya Bung Obon Tabroni dari FSPMI Calon Bupati Bekasi dari Calon Independent yang berhasil meraih 20% suara dalam pertarungan pemilihan Bupati Bekasi baru-baru ini, turut hadir dan memeriahkan agenda tersebut.

Dalam sambutannya Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman, P.hd menyampaikan beberapa hal yaitu:

1. Pokok permasalah ekonomi di Indonesia itu salah satu parameternya adalah permasalahan rendahnya income perkapita di Indonesia bukan karena tingginya pertumbuhan ekonomi. Oleh sebab itu yang paling mendasar adalah bagaimana meningkatkan daya beli masyarakat untuk dapat menggerakan roda perekonomian saat ini untuk mencapai income perkapita yang tinggi. Peningkatan upah salah satu instrumen yang dapat menggerakan daya beli masyarakat dan menjalankan roda perekonomian negara saat ini.

2. Indonesia termasuk Negara Middle Income Country tapi Indonesia saat ini ada di posisi Lower Middle Income Country dan jika dalam 5 tahun kedepan masih di posisi yang sama maka Indonesia akan menjadi negara gagal dan memungkinkan terjadinya revolusi.

3. Buruh jangan takut dengan Politik dan ber politik, karena yg menentukan segala galanya sampai kepada kebijakan ekonomi dan pemerintah saat ini karena ada di politik, kita semua harus hadir di perpolitikan dan di Indonesia politik posisinya sebagai dasar kunci kekuatan perubahan.

5. PKS bukan partai yang , justru sudah berani dari awal karena posisinya saat ini sebagai partai oposisi pemerintah, oleh sebab itu PKS didalam parlemen tetap melawan kebijakan-kebijakan yang tidak pro terhadap rakyat. Contohnya masalah hak angket tentang KPK, PKS tetap tegas

6. Permasalahan kebijakan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) atau Objek Vital akan ditinjau ulang sejauhmana penetapan dan implementasinya saat ini sudah banyak terjadi pergeseran makna. Di khawatirkan aturan tentang Kawasan ekonomi khusus menjadi salah penerapan yang justru dimanfaatkan oleh investor-investor yang berlindung dibalik kebijakan tersebut.

8. Permasalahan pemagangan luar negeri yang sampai saat ini masih terjadi merupakan permasalahan yang bersumber dari pemeritah di Indonesianya, bukan dari pemerintah pemberi pemagangan seperti Korea, dan pengalaman di Jepang semuanya ada aturannya. Di Jepang magang hanya berlaku 2 (dua) tahun setelah itu berubah status sebagai pekerja bukan sebagai magang. Jadi kedepan permasalahan ini harus di benahi oleh pemerintah dan kuncinya bagaimana pemerintah bisa mendengar dan membahas permasalahan-permasalahan ketenagakerjaan untuk menghasilkan perbaikan kesejahteraan yang terbaik kedepan.


9. Fraksi PKS setiap hari selasa membuka diri untuk aspirasi rakyat, dimana hari tersebut menjadi waktu untuk mendengarkan permasalahan-permasalahan dari rakyat (serap aspirasi), diharapkan teman-teman buruh bisa intens menyampaikan permasalahan-permasalahannya secara langsung di Fraksi PKS agar PKS dapat bersama-sama memperjuangkan apa yang menjadi perjuangan buruh dan pekerja di Indonesia.


Acara diakhiri tepat pukul 21:30 wib dengan doa dan foto session. Agenda silaturahim tersebut diharapakan dapat dilanjutkan dengan pertemuan-pertemuan non formal dan berkesinambungan untuk perbaikan system perburuhan dan permasalahan ketenagakerjaan di Indonesia untuk lebih baik lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *